Rabu, 10 Maret 2010

Tanya kenapa?


Francesco Totti
Francesco Totti adalah salah satu pesepakbola terbaik dunia. Pemain asli Roma kelahiran 26 September 1976 sampai saat ini hanya bermain untuk satu klub yaitu AS Roma. Ada beberapa alasan kenapa saya menyukai pemain yang satu ini, antara lain :
1. Gaya permainan
Memiliki tehnik dan skill diatas rata-rata, ia mampu bermain di segala lini. Pada awal karirnya ia bermain sebagai gelandang serang, ia juga menjadi pengatur serangan alias playmaker. Kemudian saat dilatih oleh Luciano Spalleti ia dipasang sebagai striker alias penyerang, banyak yang tidak yakin dengan posisinya, tetapi Totti membuktikannya dengan mencetak banyak gol dan mendapat sepatu emas karena menjadi pencetak gol terbanyak di Eropa.
2. Kepemimpinan
Dalam sebuah tim dibutuhkan seorang pemimpin dan sosok tersebut ada pada diri seorang Totti, ia tidak hanya menjadi pemimpin saat turun di lapangan tetapi juga pemimpin di luar lapangan. Kehadirannya sangat dibutuhkan tim. Hanya ada beberapa kapten yang memiliki pengaruh yang besar pada sebuah tim dan Totti telah membuktikan bahwa ia adalah il capitano yang sesungguhnya.
3. Loyalitas
Sepak bola saat ini sudah sangat berhubungan erat dengan uang. Dengan tawaran uang yang berlimpah, seorang pemain mudfah kehilangan kesetiaan pada klub yang dibelanya, akan tetapi lain halnya denga Totti, meski pernah digoda dengan uang yang banyak oleh beberapa klub besar seperti Real Madrid atau AC Milan, ia menolaknya. Loyalitas seperti ini sudah jarang ditemukan pada diri seorang pemain.
4. Pengaruh
Totti adalah salah seorang pesepak bola yang berpengaruh tidak hanya di Italia bahkan di dunia, bahkan ia termasuk dalam 150 pesepakbola legendaris dan disejajarkan dengan Pele. Ia pernah beberapa kali dinobatkan menjadi pemain terbaik italia. Pengaruh permainannya banyak mengilhami pemain-pemain muda yang ingin menjadi seperti dirinya.
5. Nomor 10
Nomor 10 merupakan nomor yang keramat dan istimewa dalam sepakbola, pemain bernomor punggung 10 merupakan tumpuan dan menjadi bintang pada sebuah tim. Beberapa pemain besar yang menggunakan nomor ini antara lain Pele, Maradona, Zidane, Del piero dan lain-lain.
6. Totti adalah Roma dan Roma adalah Totti
Ungkapan-ungkapan seperti itu sangat sering dijumpai. Permain AS Roma terasa berbeda saat Totti tidak bermain. Tanpa seorang Totti, Roma seperti kehilangan jiwa dalam permainannya. Bahkan saat pertandingan berlangsung banyak spanduk yang bertuliskan ‘no Totti no party’.
7. Kontroversi
Pemain besar tidak pernah lepas dari kontroversi, begitu pula dengan Totti. Kontroversi yang dilakukan Totti antara lain seperti bersitegang dengan pemain lain hingga mundur dari timnas.
8. Gol-gol cantik
Banyak gol cantik yang tercipta dari seorang Totti. Ia dapat mencetak gol dari mana saja dan dengan cara yang luar biasa, seperti yang dilakukan ke gawang inter milan yaitu dengan membawa dari tengah lapangan kemudian me-loop bola, sebuah hal yang luar biasa dari seorang Totti. Ia juga piawai dalam melakukan tendangan bebas.
9. Gocekan dan Operan
Totti juga seorang yang piawai dalam menggocek bola, memang tidak selincah Cristiano Ronaldo tetapi ia memiliki kelebihan dalam menjaga bola. Bola yang berada di kakinya sangat sulit direbut. Operan yang dilakukannya juga istimewa, ia sering melakukan backheel ataupun operan dengan satu sentuhan dan menurut saya, ia merupakan yang terbaik.
10. Mampu membuat perbedaan
Dapat dilihat dari kehadiran Totti di lapangan, ia sangat dibutuhkan oleh tim, bahkan Timnas Italia berniat memanggilnya kembali memperkuat Timnas karena saat ini belum ada playmaker hebat seperti dirinya.
Wah, kalo diomongin terus mah ngga ada habisnya kehebatan pemain yang satu ini. Maka dari itu saya memilih Francesco Totti sebagai pesepakbola idola sepanjang masa, best of the best.

[f]182

Tidak ada komentar:

Posting Komentar